[Apa itu MBTI? ] ~ Tes kepribadian terkuat dan teori tipe Jung ~

未分類

Tiba-tiba, apa hal pertama yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata-kata ‘alat penilaian kepribadian yang semakin populer akhir-akhir ini‘?

Ada banyak alat analisis kepribadian di luar sana, seperti StrengthsFinder, Big Five, Egogram, Gaya Sosial, dll., namun ada satu alat analisis yang mulai menarik lebih banyak perhatian.

Ini adalah Myers Briggs Type Indicator (MBTI), yang akan saya perkenalkan dalam catatan ini.
MBTI adalah alat tes kepribadian yang, sebagai penjelasan singkat, menganalisis cara Anda menggunakan pikiran dan kepala Anda untuk mendiagnosa ke dalam 16 tipe kepribadian mana Anda cocok.

Tes kepribadian gratis | 16Kepribadian
www.16personalities.com

Di Jepang, situs ini, 16personalities, sangat terkenal, tetapi sebenarnya situs ini juga berasal dari MBTI, dan isinya sedikit berbeda.

Perbedaan antara alat penilaian kepribadian ini dijelaskan dalam CATATAN ini, jadi jika Anda memiliki waktu, silakan luangkan waktu untuk membacanya.

Jadi tanpa basa-basi lagi, izinkan saya menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti (1) apa itu MBTI, dan (2) bagaimana Anda dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari setelah memahaminya.

Apa yang dimaksud dengan MBTI?

MBTI adalah alat penilaian kepribadian yang saat ini digunakan di lebih dari 50 negara dan wilayah dan memiliki beragam aplikasi, termasuk analisis diri individu, pertumbuhan pribadi, manajemen orang lain dan konseling karier.

MBTI juga dikenal luas di Eropa dan Amerika Serikat, di mana MBTI kini sama populernya dengan golongan darah di Korea Selatan.

MBTI telah menjadi populer di Jepang selama beberapa waktu, dan berikut ini adalah ringkasan sederhana dan mudah dipahami tentang cara kerjanya.

16 pola kepribadian

MBTI, secara sederhana, merupakan representasi akurat dari ciri-ciri kepribadian seperti kekuatan dan kelemahan untuk masing-masing dari 16 tipologi (pola) kepribadian manusia.

Kepribadian manusia itu beragam dan kompleks, dan sekilas tampaknya tidak ada keteraturan.
Namun, “tipologi” psikolog Jung-lah yang menemukan pola kepribadian tertentu, dan MBTI diciptakan dengan menerapkannya untuk membantu orang biasa dalam kehidupan sehari-hari.

【『タイプ論』からMBTIの歴史を解説】〜『特性論』との違いとは?〜|Brain-Psycho-Lab【16タイプ性格×脳科学】
タイプ論とは何か、一言で言い表せますか? いつもnoteを読んで頂き本当にありがとうございます。 16タイプ特定コーチングで延べ130名を成功へと導き、脳科学から16タイプを分析、経営コンサルも行っている”Dr.いざよい"です。 このnoteでは、MBTI・16タイプの基礎となるユング心理学の『タイプ論』と、それに...

Hal ini diikuti dengan penjelasan mengenai cara kerja ke-16 tipe kepribadian tersebut.

4 indikator

Pertama, MBTI memiliki empat indikator (kriteria) untuk mengidentifikasi pola kepribadian.
Berikut ini adalah pertimbangan ketika menemukan keempat indikator tersebut.

Dalam urutan tindakan dalam kehidupan sehari-hari – bagaimana orang memandang sesuatu, informasi apa yang mereka terima, penilaian apa yang mereka buat, dan kesimpulan apa yang mereka ambil berdasarkan informasi ini – apakah pola kepribadian berbeda dalam hal kekuatan dan kelemahan, motivasi, nilai, minat, perhatian, dan sebagainya? Kesimpulan seperti apa yang bisa ditarik? Berdasarkan hipotesis ini, penelitian dilakukan terhadap masing-masing dari 16 tipe kepribadian, dan sebagai hasilnya, ditemukan empat indikator berikut ini.

Mari kita mulai dengan menjelaskan keempat indikator satu per satu dengan cara yang mudah dipahami.

(1) [E dan I] Apakah Anda lebih suka mengarahkan minat dan perhatian Anda ke luar atau ke dalam?

E] Ekstrovert.
Saya lebih tertarik pada dunia luar (=dunia eksternal), seperti orang lain, masyarakat, dan peristiwa yang terjadi di sekitar saya.
〜Contoh
(1) Mereka suka berinteraksi dengan beragam orang dan sering mengekspresikan diri mereka dengan cara ini.
(2) Mereka suka berpikir dan berkomunikasi sambil berbicara.

Introvert.
(i) Introvert lebih tertarik pada dunia batin, seperti pengalaman, perasaan, introspeksi, dan kontemplasi mereka sendiri.
〜Contoh
(1) Pada dasarnya, mereka lebih suka menyendiri dan jarang mengekspresikan diri.
(2) Mereka suka berpikir sebelum berbicara dan menulis.

(2) [S dan N] Bagaimana Anda lebih suka memahami dan menerima informasi?


S] Tipe sensorik (Sensasi).
Ketika menerima informasi, saya lebih memperhatikan fakta-fakta yang ada dan apa yang sebenarnya terjadi
〜Contoh khusus
(1) Mereka lebih banyak menggunakan indera mereka dan lebih sadar akan masa lalu, masa kini, dan ‘di sini dan saat ini’.
(2) Mereka fokus pada fakta dan pengalaman, melihat segala sesuatu secara konkret dan mampu memperhatikan detail terkecil sekalipun.

N] Intuitif (iNtuituve).
Ketika menerima informasi, mereka lebih memperhatikan gambaran besar, hubungan, dan koneksi.
〜Contoh.
(1) Mereka lebih banyak menggunakan indera keenam dan indera lainnya, dan lebih sadar akan masa depan dan apa yang akan datang.
(2) Mereka berfokus pada inspirasi dan kemungkinan, melihat segala sesuatu secara abstrak dan memiliki pandangan menyeluruh tentang keseluruhan gambar.

(3) [T dan F] Bagaimana Anda lebih suka menilai informasi dan menarik kesimpulan?T] Tipe berpikir (Thinking).


Saya berpikir secara logis dan menarik kesimpulan secara objektif tentang pilihan dan konsekuensi saya.
〜Contoh.
(1) Memikirkan segala sesuatu secara rasional dan logis serta mementingkan sebab dan akibat.
(2) Mereka lugas dan tidak berantakan, serta mengupayakan keadilan dan kesetaraan.

F] Tipe perasaan (Feeling).
Menarik kesimpulan secara subyektif, dengan mempertimbangkan apa yang penting bagi mereka dan orang lain.
~ Contoh konkret.
(⑴Keharmonisan dalam hubungan, pemikiran berbasis nilai, dan fokus pada perasaan bersama.
(ⅱ) Lembut, mudah didekati, dan suka berempati dan menegaskan orang lain.

(4) [J dan P] Sikap apa yang Anda sukai dalam melakukan pendekatan?J] Menilai.

Lebih suka mengoordinasikan berbagai hal di sekitar mereka dan bekerja dengan rencana dan sikap yang teratur.
~ contoh konkret~.
(⑴Lebih suka hidup menurut rutinitas atau jadwal, dan cenderung disiplin dan metodis.
(ⅱ) Lebih suka membuat rencana, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dan mengerjakannya satu per satu, mencapainya tanpa terburu-buru.

P] Mempersepsi.
Lebih suka menerima hal-hal di sekitar mereka apa adanya dan fleksibel dalam pendekatan mereka.
〜Contoh.
(1) Lebih suka bertindak secara fleksibel sesuai dengan situasi yang berbeda, dan cenderung bebas dari aturan dan regulasi.
(2) Daripada membuat rencana, mereka lebih suka bekerja secara fleksibel pada tugas yang sedang dikerjakan terlebih dahulu dan menyelesaikannya sekaligus saat waktu hampir habis.

Berikut ini adalah deskripsi singkat empat indikator. Masing-masing memiliki “orientasi” yang diprioritaskan seperti manusia yang memiliki “tangan yang dominan”. Kombinasi dari orientasi ini membentuk tipe kepribadian Anda, dengan total 16 tipe kepribadian.

ーーーーーーーーーーーー

pada akhirnya

Jika Anda ingin mengetahui cara-cara spesifik tentang bagaimana Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dalam artikel ini untuk mendorong pertumbuhan pribadi dan pemahaman terhadap orang lain, silakan lihat majalah [16 Tipe Kepribadian] di bawah ini.

【心理機能って結局なに?】〜MBTI・16タイプの本質にせまる〜|Brain-Psycho-Lab【16タイプ性格×脳科学】
MBTIの本質、心理機能について、本当に理解していますか? こんにちは、16タイプ特定コーチングで延べ130名を成功へと導き、脳科学から16タイプを分析、経営コンサルも行っている”Dr.いざよい"です。 今回は、16タイプ・MBTIの本質とも言える『心理機能』について簡単に説明していきます。 【心理機能とは】 ...


Kami berharap bahwa dari sini Anda akan dapat membaca CATATAN tipe Anda dan meningkatkan kehidupan dan kehidupan Anda sehari-hari.

Jika Anda ingin mengetahui perbedaan antara masing-masing dari 16 tipe MBTI hanya dengan melihat empat huruf alfabet, silakan baca buku catatan berikut ini, yang menjelaskan fungsi-fungsi psikologis.

Jika Anda memahami fungsi psikologis, Anda sudah menguasai ke-16 jenisnya. Anda akan dapat mengenali ciri-ciri kepribadian dari semua tipe hanya dengan melihat alfabet, komandan, dan nama lainnya.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu MBTI dan ke-16 tipenya.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin tahu, jangan ragu untuk menghubungi kami di twitter.
Kami akan terus mengirimkan lebih banyak informasi mengenai 16 tipe, MBTI dan penilaian kepribadian di NOTE dan Twitter, jadi jika Anda tertarik, silakan ikuti kami.

◼︎Twitter
https://twitter.com/16seikaku_mbti

Translated with www.DeepL.com/Translator (free version)

コメント

タイトルとURLをコピーしました